Super Herbal Food: Quinoa

quinoa-herbal.jpg

Quinoa adalah makanan aneka herbal yang sejak ribuan tahun lalu telah di konsumsi oleh masyarakat suku inca. Quinoa atau dengan bahasa latin (Chenopodium quinoa) berasal dari pegunungan andes, amerika tengah. Makanan ini sejenis biji-bijian yang memiliki tekstur seperti nasi. Kandungan yang terkandung didalamnya jauh lebih baik dibanding nasi. Quinoa mengandung protein tinggi namun rendah karbohidrat.

Senyawa protein yang terkandung didalam quinoa sangat lengkap, terdapat juga 9 asam amino yang berguna untuk membantu perbaikan sel-sel tubuh yang rusak sekaligus membentuk sel-sel baru. Berikut manfaat quinoa bagi kesehatan :

1. Mengurangi Migran
Terdapat kandungan magnesium dan mineral-mineral yang membantu memperlancar peredaran darah yang dapat mengurai migren. Juga terdapat vitamin B2 yang mengingkatkan metabolisme didalam otak.

2. Kesehatan Kardiovasikular
Selain menjaga sirkulasi darah dalam tubuh, kandungan mineral dalam quinoa dapat menurunkan resiko terkena hipertensi dan sakit jantung.

3. Antioksidan
Terdapat kandungan mineral yang berfungsi untuk membentu senyawa enzim superoxide dismutase yang dapat menjaga kerusan sel akibat radikal bebas.

4. Anti Kanker Payudara
Sebuah studi telah dilakukan oleh UK Women's Cohort yang menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi quinoa secara rutin memiliki resiko 52% lebih rendah dalam terkena kanker payudara.

5. Mencegah Pembentukan Batu di Empedu
Kandungan serat yang tinggi membuat quinoa efektif dalam mencegah pembentukan batu pada empedu, dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tingkat lemak darah (trigliserida).

Quinoa adalah makanan pokok yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi. Selain lebih sehat juga kaya akan manfaat. Quinoa melepaskan karbohidrat secara perlahan pada saat dicerna. Sehingga sangat baik bila dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau mengidap penyakit diabetes. Quinoa menjadi sumber protein non-hewani terbaik didunia, karena kandungan senyawa proteinnyayang lengkap.

Yang perlu diperhatikan adalah cara penyajian dari quinoa. Quinoa harus dicuci sampai benar-benar bersih. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan saponin yang apabila dikonsumsi akan membuat rasa pahit dilidah. Penyajiannya relatif mudah, quinoa dapat disajikan dengan salad, atau daging, bisa pula dicampur seperti nasi goreng (tanpa minyak tentunya).

Quinoa sangat baik bila dikonsumsi pada saat sarapan. Seratnya yang tinggi membuat kita merasa kenyang lebih lama. Bahkan dalamsuatu penelitian dilakukan bahwa quinoa dapat memperlambat perkembangan pertumbuhan plak yang dapat mempersempit pembuluh darah (aterosklerosis) yang berakibat pada penyempitan pembuluh darah.

Quinoa menajdi makanan yang penting dalam memerangi infeksi-infeksi yang deisebabkan oleh virus. Kandungan-kandungan mineralnya yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kelenjar-kelenjat penghasil enzim didalam tubuh manusia. Begitu banyak manfaat dari quinoa ini sehingga dijuluki superfood oleh pakar-pakar kesehan eropa dan amerika.

Trik Memperbesar Payudara Dengan Menggunakan Tangan

pijat-payudara.jpg

Payudara yang besar dan bulat adalah bentuk payudara ideal yang ada dalam benak mayoritas kaum wanita. Sayangnya, tidak semua kaum hawa diberikan keistimewaan oleh Tuhan memiliki bentuk payudara yang sempurna.

Hal ini membuat sebagian kaum hawa merasa ada ketidaksempurnaan dan ketidakpuasan dengan bentuk payudaranya. Berbagai cara ditempuh agar bisa mendapatkan bentuk payudara yang diidam-idamkan.

Ada yang menempuh jalur medis bahkan sampai ke meja operasi dengan melakukan penanaman implan ke dalam payudara agar lebih besar dan juga kenyal. Suntik silicon juga menjadi salah satu yang digemari untuk bisa mendapatkan bentuk payudara yang besar dan bulat dengan instan. Sayangnya metode pemasangan implan maupun penyuntikan silicon bisa menimbulkan berbagai dampak negative antara lain iritasi kulit bahkan sampai pada kanker payudara.

Namun ada pula yang mencoba jalur alternatif agar lebih aman.Pada kenyataannya, kita sendiri bahkan bisa untuk mencoba memperbesar ukuran payudara kita sendiri.Resiko lainnya yang juga seringkali terjadi adalah pecahnya implan payudara yang bisa mengakibatkan terjadinya infeksi dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan pada jaringan payudara.

Ingin mengetahui cara mengencangkan payudara yang lebih alami dan aman? Cobalah untuk melakukan pijatan dengan menggunakan tangan. Pada dasarnya, ada beberapa macam teknik pijatan tangan untuk membesarkan payudara antara lain dengan teknik pijat friction. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat baru kemudian memijat kedua payudara dengan gerakan memutar ke atas yang lembut. Lakukan di pagi hari saat akan mandi selama lebih kurang 30 menit.

Teknik pijat chi

Teknik pijat chi ini dilakukan dengan cara menekan payudara dengan jari jemari secara lembut mulai dari bagian bawah dengan ujung jari. Tekan dengan lembut dan melingkar sampai ke seluruh bagian dari payudara.Lakukan metode pemijatan ini dalam waktu dua kali sehari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.Teknik pijat chi ini sendiri juga dikenal dengan acupressure yang terbukti efektif untuk memperbesar ukuran payudara.Berita baiknya, kita bahkan bisa melakukannya sendiri dengan nyaman di rumah.

Teknik cocoa butter

Pijat cocoa butter adalah teknik memijat dengan menggunakan cocoa butter.Pijat seluruh bagian payudara dengan cocoa butter secara lembut dengan gerakan melingkar baru tekan-tekan dengan lembut sebanyak 50 sampai dengan 60 kali dalam sehari.Tidak hanya bisa melembutkan, penggunaan cocoa butter juga bisa membuat aliran darah di daerah payudara menjadi lebih lancar.Jangan terlalu keras saat memijat karena saraf di daerah payudara sangat sensitif.

Jika ingin, kita juga bisa mencoba untuk menggunakan bantuan jasa pemijatan di tempat-tempat refleksi yang menyediakan layanan ini.Tentu saja kita harus pandai-pandai memilih tempat yang menyediakan layanan professional agar tidak mengalami efek samping kelak di kemudian hari.Jika mampu, cobalah untuk melakukan pemijatan secara mandiri dengan mempelajari gerakan-gerakan pijatan dengan tangan kita sendiri.

Kenali Penyakit Asam Lambung dan Penyebabnya

kesehatan lambung

Naiknya asam lambung adalah penyakit maag / lambung yang ditandai dengan terlukanya lambung atau terjadinya peradangan pada lambung. Umumnya hal ini terjadi karena pola makan yang tidak terjadwal, sehingga mengakibatkan rasa perih dan mual pada perut sebelah kiri.

Lambung adalah organ yang berfungsi memproduksi asam untuk mencerna zat-zat makanan. Jadwal makan yang tidak teratur akanmengakibatkan lambung sulit beradaptasi dalam menjalankan fungsinya.

Jika hal tersebut terjadi berulang-ulangdan sering, dinding lambung akan mengalami iritasi dan peradangan yang menyebabkan rasa perih serta mual.

Gejala Asam Lambung

Berikut adalah beberapa gejala penyakit asam lambung yang penting untuk diketahui.

1. Sering mual, bahkan muntah
Rasa mual, bahkan muntah, dapat terjadi karena impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit mengalami iritasi. Ini sebagai sinyal atau indikasi bahwa ada penyakit yang terjadi dalam tubuh.

2. Perut kembung dan penuh
Kadar zat asam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan perut menjad kembung dan terasa penuh. Hal ini ditambah lagi dengan kurangnya enzim pada alat pencernaan.

3. Sering bersendawa / tahak
Banyak orang mengira bahwa sendawa saat perut kembung adalah normal. Sendawa dianggap sebuah rekasi yang dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut yang kembung. Namun pada kenyataannya, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sendawa yang terjadi saat perut kembung hanya akanmenambah efek buruk kekembungan pada perut.

4. Turunnya napsu makan
Orang yang menderita penyakit asam lambung akankehilangan nafsu makan secara signifikan. Perut penuh dan mual adalah penyebabnya.

5. Sakit dan susah buang air besar
Pola makan yang berantakan dan tidak terjadwalakanberakibat susah buang air besar. Selain itu, gangguan organ pencernaan ini juga dapat menimbulkan gangguan pada saluran pembuangan akhir.

6. Tanda lainnya
Selain gejala yang disebut di atas, ada lagi gejala lain dari penyakit asam lambung. Tubuh memproduksi keringat tanpa sebab, gampang pingsan, gangguan pencernaan, cegukan, dan denyut jantung yang tak beraturan adalah beberapa hal lain yang juga merupakan gejala asam lambung.

Penyebab Asam Lambung

Naiknya asam lambung adalah penyebab umum gangguan pada saluran pencernaan. Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung. Berikut adalah diantaranya

1. Asupan makanan yang kurang baik

Makanan dengan keasamaan tinggi menjadi pemicu awal dan utama terjadinya peningkatan kadarasam lambung naik. Makanan jenis ini menyebabkan produksi asam lambung perut meningkat dalam jumlah signifikan. Hal ini akan berujung pada penyakit maag.

2. Keteraturan Pola Makan

Pola makan yang asal dan tidak terjadwal bisa mengakibatkan manusia mengalami stres. Seperti diketahui, stres dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Karena produksi asam lambung sedang meningkat, penderita biasanya akan merasakan sakit pada bagian ulu hatinya.

Sebaiknya, segera lakukan tindakan untuk mengobati asam lambung anda yaitu dengan cara konsultasi ke dokter anda, atau jika memungkinkan, gunakan obat herbal tradisional yang terjamin dan tanpa efek samping.

Demikian informasi artikel seputar penyakit asam lambung. Selalu jaga kesehatan Anda dan simak artikel menarik lainnya seputar tips kesehatan dan kecantikan.

Cara Mencegah Terjangkit Flu di Musim Pancaroba

flu.jpg


Flu atau biasa disebut influenza, adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebebkan oleh virus influenza. Virus influenza adalah cirus RNA dari golongan Orthomyxoviridae yang mudah sekali bermutasi da memiliki bermacam-macam tipe seperti a, b, dan c.

Gejala penyakit ini adalah demam, batuk, pilek, nyeri kepala, nyeri tenggorokan, pegal linu dan lemah lesu. Virus ini sangat mudah menular baik lewat udara maupun perantara benda. Berikut adalah tips kesehatan yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjangkit virus influenza ini.

1. Rajin Cuci Tangan

Ketika musing sakit datang, kesadaran akan kebersihan pun harus di tingkatkan. Mulailah dari hal-hal yang kecil seperti raji mencuci tangan. Baik ketika akan makan maupun tidak.

Cucilah dengan air dan sabun anti kuman atau untuk yang lebih praktis bisa menggunakan gel antiseptic yang banyak dijual di pasaran setelah memegang atau menyentuh benda-benda umum. Seperti tombol lift, gagang pintu, railing tangga.

2. Makan Sop Berkaldu

Sop kaldu ayam khususnya sangat baik untuk menangkal flu atau ketika kita terjangkit flu. Sop ayam ini kaya akan bawang putih, merica dan rempah2 lainya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita, sehingga tidak mudah diserang penyakit. Dan ketika sudah terserang dapat membantu untuk mengembalikan imunitas kita.

3. Mandi air hangat

Mandilah air hangat sebelum tidur untuk membentuk pertahanan tubuh lebih kuat terhadap penyakit. Air hangat dapat membuat hidung tersumbat lebih plong dan mengurangi sakit kepala. Mandi air hangat selain menjaga kebersihan badan juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga kualitas tidur kita lebih baik dan sehat.

4. Berkumur dengan air garam

Selain bersin-bersin, pusing dan demam, flu biasanya juga di ikuti dengan radang tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dengan berkumur-kumur air garam. Larutkan satu sendok garam pada satu gelas air.

Lalu berkumurlah hingga menyentuh dinding tenggorokan, lalu muntahkan air garam tersebut. Larutan ini efektif untuk meluruhkan dahak dan pathogen lain yang menempel pada tenggorokan. Sehingga radang akan lebih cepat sembuh.

5. Teh hangat dengan madu

Meminum teh hangat ditambah dengan mau dapat meredakan flu yang sedang anda alami. Teh mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas dan menangkal radikal bebas. Selain itu teh juga mengandung theobromine yang dapat meredakan flu. Madu juga mengandung bahan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

6. Minum Vitamin C

Vitamin c dapat memperlambat laju virus saat menyerang tubuh kita. Selain itu kandungan anti oksidan didalamnya dapat membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. Untuk mendapatkan asupan vitamin c, bisa mengkonsumsi jeruk, suplemen, multivitamin dll.

7. Istirahat Cukup
Flu bukanlah penyakit berat, namun jika dibiarkan bisa menjadi kronis. Setelah melakukan 6 poin di atas, istrahat yang cukup merupakan pont penting dalam mencegah terjangkit virus influenza ini. Tidur yang cukup membuat tubuh menjadi sehat dan bugar sehingga lebih siap dalam menghadapi “serangan-serangan” dari lingkungan sekitar.
Search form
Display RSS link.
Link
Friend request form

Want to be friends with this user.

QR code
QR